10 patung terindah di dunia

googlee44b61be0d58e53e.html

10 PATUNG TERINDAH DI DUNIA

 Garuda-Wisnu-Kencana





1. Patung Liberty (New York, Amerika Serikat)
image91
Patung Liberty sudah pasti merupakan patung paling terkenal di dunia. patung ini merupakan hadiah dari rakyat Prancis kepada Amerika Serikat yang kala itu merayakan kdirgahayu kemerdekaannya yang ke-100. patung ini dibuat di Prancis kemudian dikapalkan ke AS pada tahun 1884 dalam bentuk potongan-potongan untuk kemudian disusun di tempatnya berdiri sekarang. Patung ini memberikan pemandangan dramatis bagi para imigran yang datang dari Eropa dan pertama kali menginjakkan kaki di AS.
2. Patung David (Florence, Italia)
12718226_815b0fd429_z
Patung David merupakan salah satu patung paling terkenal di dunia. patung ini merupakan salah satu mahakarya Renaissance Eropa dan dibuat oleh seniman tenar, Michaelangelo dari tahun 1501-1504. patung marmer setinggi 5 m ini menggambarkan tokoh terkenal dalam kitab suci, yaitu Raja Daud. Patung ini kini berada di Accademia Gallery di Kota Florence, Italia. Konon, senyum misterius David di patung ini setara dengan senyum misterius Monalisa. Oya saking sempurnanya kemampuan mematung Michaelangelo, kita bisa melihat detail urat-urat nadi di tangan patung ini lho.
david - Copy
3. Patung Motherland Calls (Volgograd, Rusia)
236457198_76e9922f5e_z
Patung yang juga dikenal dengan nama “Mother Russia” ini jelas dibangun untuk menyaingi Patung Liberty di AS. Patung ini diresmikan tahun 1967 dan sempat menjadi patung tertinggi di dunia. Diukur dari dasar hingga ujung pedang, patung ini memiliki tinggi 85 m. Patung ini didirikan untuk mengenang kemenangan Rusia dalam Perang Stalingard dan memiliki 200 anak tangga yang menyimbolkan lamanya pertempuran tersebut, yaitu 200 hari.
4. Patung Genghis Khan (Mongolia)
3560862699_41894a15c1
Patung Genghis Khan adalah patung setinggi 40 meter yang menggambarkan tokoh legendaris tersebut menunggangi seekor kuda. Patung raksasa ini terletak di Sungai Tull di Kota Tsonjin Boldog (sekitar 54 km sebelah timur ibukoat Mongolia, Ulan Bator). Patung ini didirikan tahun 2008 dan pengunjung dapat naik ke kepala patung kuda untuk melihat panorama padang rumput khas Mongolia. Terdapat juga museum yang menggambarkan sejarah Mongolia di sini.
5. Patung Jalasveva Jayamahe  (Surabaya, Indonesia)
Ini dia Menara Liberty-nya Indonesia, yaitu Patung Jalesveva Jayamahe, yang artinya "Di Laut Kita Berjaya". Simbol Angkatan Laut ini ter;etak di dalam kawasana markas AL RI di Surabaya. Patung 30,6 m yang ditopang oleh bangunan pedestal setinggi 30 m ini memang layak menjadi kebanggan Indonesia, cuma satu yang sayang. Karena terletak di dalam kawasan markas AL, maka tak sembarang orang bisa mengunjunginya. Harus ada izin sebelumnya dan melalui pemeriksaan yang ketat. Tak hanya itu, wisatawan asing juga otomatis dilarang menikmatinya, wah....
6. Patung Goddess Nike of Samothrace (Paris, Perancis)
S29.2Nike
Dewi Nike dikenal sebagai dewi kemenangan bangsa Yunani dan sering digambarkan sebagai sosok wanita bersayap. Patung marmer ini diduga dibuat pada abad 2 SM dan baru ditemukan pada tahun 1884 di Pulau Samothrace, Yunani, sayangnya dalam keadaan tak utuh lagi. Namun begitu, keindahan patung ini tetap terpancar, walaupun tanpa lengan dan kepala. Patung anggun ini kini tersimpan di Museum Louvre, Paris.
7. Patung Christ Redeemer (Rio de Janeiro, Brasil)
corcovado-mountain-and-christ-redeemer-statue-half-day-tour-in-rio-de-janeiro-brazil
Patung Christ Redeemer atau Kristus Penebus setinggi hampir 40 m ini merupakan salah satu simbol Kristiani yang paling dikenal di dunia. Terletak di puncak Gunung Corcovado setinggi 700 m, patung ini memberikan pemandangan spektakuler dari Teluk Guanabara serta pantai kota Rio de Janeiro di bawahnya.
8. Patung Buddha Tian Tan (Hong Kong, Cina)
Patung Buddha Tian Tan atau disebut juga Big Buddha berada di Pulau Lantau, Hong Kong dan dibangun 1990-1993. Konon saking besarnya, patung yang menggambarkan Buddha yang bermeditasi di atas bunga lotus ini terlihat dari Macau lho.
9. Patung Prajna Paramita (Jakarta, Indonesia)
java-prajnaparamita    Ken-Dedes-close
Patung Prajna Paramita ini disebut-sebut sebagai salah satu mahakarya kerajaan Hindu-Buddha kuno. Patung ini merupakan peninggalan Kerajaan Singasari yang berasal dari abad ke-13. Patung ini ditemukan 1818-1819 dan sempat dipamerkan di Museum Leiden, Belanda sebelum akhirnya dikembalikan ke pangkuan Indonesia pada tahun 1978. Menurut legenda rakyat setempat, patung ini merupakan perwujudan dari Ken Dedes, walaupun ada pula ahli yang berpendapat bahwa patung ini adalah perwujudan Ratu Gayatri. Yang pasti, patung ini menggambArkan wanita yang sangat cantik dan berkuasa. Patung ini sekarang disimpan di lantai 2 Monumen Nasional, Jakarta.
10. Patung Dewi Laksmi (Candi Belahan, Indonesia)
candi_belahan      CIMG9538
Pembaca sekalian pasti langsung gubrak begitu lihat patung ini. Hahahaha kenapa ya aku masukin patung ini ke list? Soalnya bangsa Barat yang gemar membuat patung-patung nudis aja dijamin nggak berani membuat patung seperti ini (paling banter patung anak kecil pipis seperti yang ada di Belgia). Padahal orang2 Indonesia zaman dulu aja berani hehehe.
Patung ini berada di Petirtaan Candi Belahan yang terdapat di lereng timur Gunung Penanggungan, tepatnya di Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Lokasi ini dulunya digunakan sebagai tempat pemandian para istri dan selir Prabu Airlangga. Di petirtaan ini terdapat arca Dewi Sri dan Dewi Laksmi yang dapat mengeluarkan air dari kedua payudaranya. Sayang, hanya patung Dewi Laksmi saja yang masih bisa mengeluarkan air. Konon mandi di sini bisa buat awet muda lho. Hmm…kalo pancurannya aja kayak gini, percaya aja deh hehehe.
BONUS
Garuda Wisnu Kencana (Bali, Indonesia)
image-03
Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan, Jimbaran dan merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini nantinya akan dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi ikon bagi pariwisata Bali dan Indonesia. Patung tersebut menggambarkan Dewa Wisnu yang mengendarai burung Garuda. Patung ini diproyeksikan dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi patung terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty. Sayang, bagian yang selesai baru kepala, badan, dan tangan Dewa Wisnu serta kepala garuda.
Previous
This is the oldest page
Post a Comment
Thanks for your comment